JABA'AN - MANDING - SUMENEP

Saturday, August 6, 2016

Pendidikan Formal

Mengajar di SD
     Sekolah dasar (disingkat SD; dalam bahasa inggris : Elementary School atau Primary School) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini murid kelas 6 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan sekolah dasar dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP.
     Pelajar sekolah dasar umumnya berusia 7-12 tahun. Di Indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun.
     Di Desa Jabaan ini memiliki 2 sekolah dasar negeri, yaitu Sekolah Dasar Negeri I Jabaan dan Sekolah Dasar Negeri III Jabaan.
     Desa Jaba’an memiliki kepedulian pendidikan yang mulai berkembang. Hal ini terbukti dengan jumlah tamatan SD/MI/Sederajat sebanyak 60 %. Tamatan  SMP/MTs/Sederajat sebanyak 20 %. Tamatan SMA/MA/Sederajat sebanyak 10 %. Dan tamatan S1 sebanyak 10 %.

Sekolah Dasar Negeri I Jabaan 


     Sekolah Dasar Negeri I Jabaan adalah sekolah dasar yang terletak di Dusun Jungjungan Desa Jabaan Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Sekolah Dasar ini adalah gabungan dari Sekolah Dasar Negeri II Jabaan, sehingga jumlah siswa lumayan banyak. SDN I Jabaan letaknya Strategis, sehingga mudah dijangkau. Makanya SDN I Jabaan ini mempunyai Siswa terbanyak jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah Dasar atau yang setingkat lainnya di daerah Jabaan. 
     Kami sangat senang bisa mengajar di SDN ini, karena selain kami dapat pengalaman mengajar, kami juga bisa berbagi ilmu terkait ilmu yang sudah kami kdapatkan di kampus Universitas Trunojoyo Madura. Para siswapun senang semenjak kami datang ke sekolah ini, karena mereka akan di didik oleh guru baru peserta KKN Kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura.

Sekolah Dasar Negeri III Jabaan


    
    Sekolah Dasar Negeri III Jabaan terletak di daerah Dusun Maor Desa Jabaan Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Sekolah ini memiliki Siswa sebanyak 11 orang dari kelas 1 sampai kelas 6. Tetapi walaupun jumlahnya sangat sedikit, jangan salah. SDN ini memiliki siswa yang pinter-pinter. Perjuangan mereka dalam belajar sungguh luar biasa. Setiap pagi mereka berangkat sekolah melawati jalan yang masih belum teraspal. mereka bersemangat sekali untuk mencapai sekolah. 
    Dengan kedatangan Mahasiswa KKN Universitas Trunjoyo Madura Kelompok 19, mereka kelihatan senang dan bangga sekolahnya bisa di kenal oleh orang luar daerah jabaan dan merekapun berharap akan mendapatkan ilmu baru dari Kakak Mahasiswa KKN. Dan Alhamdulillah, satu bulan lamanya kami mengajar di sekolah tersebut berjalan dengan maksimal dan lancar. Alhamdulillah program kami lancar.

0 comments:

Post a Comment