JABA'AN - MANDING - SUMENEP

Saturday, August 6, 2016

Bersih-bersih Sumber

Bersih-bersih Sumber Garuk

   Sumber Garuk merupakan sumber air yang terletak di Dusun Garuk Desa Jaba'an Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Awalnya mengapa dinamakan Sumber Garuk, karena pada jaman dahulu ada seorang Raja Jokotole dan istrinya Potre Koneng singgah di Desa Jabaan bermaksud mencari air. Dan ternyata masyarakat jabaan tidak memberikan air. Sehingga mereka berdua mencari air ke Dusun Garuk. Karena penduduk di Dusun Garuk baik hati, akhirnya penduduk memberikan air kepada mereka berdua. 
     Setelah itu mereka kearah lembah dan kudanya mencakarkan kakinya ke tanah. Dengan kehendak Allah, tiba-tiba dari cakaran kuda tersebut muncul air yang akhirnya menjadi Sumber Air. Kemudian mereka berdua mandi, sedangkan Potre Koneng "Ageu' Obu'/ menyisir rambutnya". Dari kata "Ageu' ", supaya bagus di ubah menjadi "Garuk" yang sampai sekarang dipakai untuk nama dusun di Desa jabaan.
   Sumber Air Garuk memiliki air yang jernih. Dulunya sekitar tahun 1982 semua masyarakat yang ada di Desa Jabaan mengambil Air dari Sumber Garuk untuk dibuat Minum sama mandi. Karena di daerah Desa Jabaan memang kesulitan air akibat dari kutukan Pengeran Jokotole tersebut.
    Dari kelompok 19 KKN Universitas Trunojoyo Madura mencoba untuk mengadakan kegiatan kerja bakti di lokasi sumber tersebut karena berdasarkan survei dari kelompok kami, lokasi tersebut memang kurang bersih dan perlu perhatian masyarakat supaya kebersihannya tetap terjaga. Alhamdulillah kami berhasil mengumpulkan warga sekitar dan kami di sambut dengan baik oleh masyarakat yang ada di Dusun Garuk. Karena jarang sekali ada kegiatan bersih-bersih Sumber di daerah tersebut. Masyarakat mengaku bangga terhadap program kami yang di laksanakan. Yang kami berikan memang bukan Uang, bukan harta, melainkan dengan adanya bantuan tenaga dan pikiran dari kelompok KKN 19 ini, kami berharap semoga ini bisa bermanfaat bagi warga Dusun Garuk dan sekitarnya.

0 comments:

Post a Comment