JABA'AN - MANDING - SUMENEP

Saturday, July 30, 2016

Pendidikan Informal

Bimbel Bahasa Inggris 

       Pengajaran Bahasa Inggris bermaksud untuk mengajarkan anak-anak desa Jaba'an bahasa Inggris yang lebih baik. Selain belajar hal-hal yang mendasar dalam Bahsa Inggris mereka juga dapat belajar dari alam sekitar secara nyata. Adapun tujuan dari pembelajaran Bahasa Inggris yaitu untuk mengenalkan Bahasa Inggris bagi anak-anak yang ada di Jaba'an baik secara arti bahasa maupun bahasa sehari-hari mereka. 
       Hasil yang diharapkan yaitu Anak-anak mampu mengenali angka dalam Bahasa Inggris dan juga bisa membaca Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Mereka sangat antusias mengikuti kelas Bahasa Inggris yang diadakan dan rajin menulis setiap rangkaian kata Bahasa Inggris yang diarahkan. 
      Faktor pendukung dalam kegiatan ini yaitu Anak-anak desa Jaba'an sangat antusias untuk mengikuti kegiatan belajar Bahasa Inggris. Terdapat papan tulis dan tempat yang cukup luas untuk menaungi para peserta didik.

Mengajar Tari

         Mengajar Seni Tari untuk persiapan Pentas Seni pada acara Haflatul Imtihan di MI Mambaul Ulum. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura kepada lembaga maupun masyarakat yang ada di Dusun Garuk Desa Jaba'an Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. 

Mengajar Ngaji


          Mengajar ngaji adalah bentuk kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura sebagai bentuk rasa kepeduliah terhadap keberlangsungan umat islam di Pulau Madura khususnya di Desa Jaba'an Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Kegiatan ini dilaksanakan di Mesjid ................... Dusun Junjungan Desa Jabaan Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam setelah solat Maghrib sampai datang waktu isya'. Di sini kami menemukan perbedaan yang sangat mencolok antara dikota sama didesa. Di desa ini kegiatan keagamaannya masih kental. Bahkan para santri tidak hanya ngaji pada saat setelah maghrib saja, akan tetapi setelah solat subuh diisi dengan kajian-kajian kitab untuk memperdalam ilmu agama.

Melatih Paduan Suara


        Melatih paduan suara untuk persiapan acara Haflatul Imtihan di MI Mambaul Ulum Dusun Garuk Desa Jaba'an Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Paduan suara ini di persiapkan untuk acara wisudawan/wisudawati kelas enam Mambaul Ulum. 

Melatih Gerak Jalan


       Melatih Gerak Jalan di MI Mambaul Ulum. Kegiatan ini bertujuan untuk persiapan lomba gerak jalan sekecamatan Manding yang akan di ikuti oleh beberapa team gerak jalan dari sekolah lain. Harapannya, MI Mambaul Ulum bisa menjadi juara satu dan memperoleh prestasi yang membanggakan.

0 comments:

Post a Comment