JABA'AN - MANDING - SUMENEP

Saturday, July 30, 2016

Pembuatan Peta Desa

Peta Desa Jaba'an


        Batas wilayah seringkali menjadi pemicu konflik wilayah di kawasan pedesaan. Kondisi tersebut bermula dari tumpang tindihnya peta kawasan. Berdasarkan data BPS 2009, dari 70.429 desa sekitar 37 persennya memiliki wilayah yang tumpang tindih dengan kawasan hutan. Konflik terjadi karena bersinggungan dengan ruang hidup. Juga, tentang kepemilikan, penguasaan, dan pemanfaatan atas tanah (kawasan) serta sumber daya. Maka dari itu peta desa sangat perlu untuk menentukan batas wilayah desa tersebut.
         Desa Jaba’an memiliki penduduk dengan jumlah 2.221 pada tahun 2015, dengan jumlah penduduk laki-laki sebesar 1.236 jiwa dan jumlah penduduk perempuan sebesar 985 jiwa. Setiap penduduk memiliki tempat tinggal yang tersebar di desa jaba'an kecamatan manding kabupaten sumenep. Selain itu, ada beberapa bangunan lain seperti sekolah, pasar, masjid dan lain-lain. Sehingga perlu peta untuk mendeskripsikannya. 
           Oleh karena itu KKN Kelompok 19 Universitas Trunojoyo Madura membuatkan peta desa untuk menunjukkan letak wilayah desa jaba'an. Hasil akhirnya sebagai berikut :

0 comments:

Post a Comment