JABA'AN - MANDING - SUMENEP

Saturday, July 30, 2016

Fasilitas Desa Jaba'an

Balai Desa


       Kantor/Balai desa sejatinya tidak sekadar menunjuk pada bangunan yang berdiri di atas sebidang tanah. Lebih dari itu, kantor desa adalah tempat di mana organisasi manusia yang mengurus, mengatur, dan melayani desa berkumpul. Tidak berlebihan jika kantor desa adalah pusat pemerintahan dan pelayanan publik di desa dan tempat di mana warga dengan pemimpin desa, dari kepala desa hingga aparat desa, berinteraksi. Tapi begitulah faktanya. Ternyata belum semua desa di Indonesia punya kantor desa. Mayoritas desa di wilayah Madura mungkin punya kantor desa yang megah, cuman ada beberapa yang mungkin masih belum ada
        Di desa Jaba'an ini Memiliki Balai Desa yang terletak di dusun Junjungan Desa Jaba'an Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep dengan ukuran 17 x 15 Meter.

Puskesmas

        Kesehatan merupakan aspek penting bagi semua individu. Penting bagi masyarakat untuk menjaga dan memelihara kesehatan. Masyarakat yang kurang peduli terhadap kesehatannya cenderung mengabaikan informasi kesehatan. Sehat oleh masyarakat diartikan tidak adanya penyakit, namun sehat tidak hanya terbebas dari penyakit tetapi juga terbebas dari takanan emosi, stress, dan sebagainya.
        Peran tenaga kesehatan sangat diperlukan untuk mewujudkan masyarakat yang peduli akan kesehatan. Di Desa Jaba’an tingkat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan sudah cukup baik. Fasilitas kesehatan yang terdapat di Desa Jaba’an terdiri atas polindes dan yang bertempat di rumahnya. Pada Desa Jaba’an tidak terdapat puskesmas. Masyarakat akan mendatangi tempat praktik bidan ditempat tinggal bidan tersebut untuk memeriksakan kesehatannya.
      Puskesmas hanya ada di Desa Manding yang notabennya merupakan kawasan pusat kecamatan. Jarak akses dari Desa Jaba’an menuju Puskesmas Manding sekitar 2,5 Km dengan jarak tempuh sekitar 10 menit.

Masjid
        Di desa jaba'an ada 3 Masjid yang terletak di beberapa dusun, diantaranya yaitu Masjid .......... yang terletak di dusun Junjungan, Mesjid ........... Terletak didusun Garuk, Masjid ................. terletak di dusun Maor.
      Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut Musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

      Fungsi utama masjid yang lainnya adalah sebagai tempat pendidikan. Beberapa masjid, terutama masjid yang didanai oleh pemerintah, biasanya menyediakan tempat belajar baik ilmu keislaman maupun ilmu umum. Sekolah ini memiliki tingkatan dari dasar sampai menengah, walaupun ada beberapa sekolah yang menyediakan tingkat tinggi. Beberapa masjid biasanya menyediakan pendidikan paruh waktu, biasanya setelah subuh, maupun pada sore hari. Pendidikan di masjid ditujukan untuk segala usia, dan mencakup seluruh pelajaran, mulai dari keislaman sampai sains. Selain itu, tujuan adanya pendidikan di masjid adalah untuk mendekatkan generasi muda kepada masjid. 



Polindes


Sekolah

Bor Sumur
 

0 comments:

Post a Comment